Kucing Anggora

Teman Meong, kucing anggora seperti yang kita ketahui adalah salah satu kucing ras elite. Oleh karena itu Kucing Anggora adalah salah satu ras yang paling digemari untuk dipelihara. Kucing Anggora sangat Populer dan terkenal di Indonesia.

Tetapi di Indonesia Kucing Anggora yang asli sangat jarang kita temui, karena dari negara asalnya sangat memperketat peredarannya, sehingga banyak Kucing Anggora mixed yang kita kira adalah Kucing Anggora asli.

Kucing Anggora asli harus bersertifikat (PEDIGREE) yang membuktikan keasliannya. Jadi jangan asal kucing ras bulunya panjang lebat, kita langsung menamai Kucing Anggora.
Kelinci bulunya lebat "Kelinci Anggora", Kucing bulunya lebat "Kucing Anggora", orang bulunya lebat "Manusia Anggora" Kkkjjhk.

Kucing Anggora adalah salah satu ras kucing alami tertua. Kucing Anggora berasal dari Ankara, Turki. 

Asal usul:
Anggora adalah ras kucing alami yang sangat tua dan salah satu ras  yang tertua didunia. Berabad-abad lamanya Kucing Anggora mengalami seleksi alam didaerah pegunungan Ankara. Iklimnya yang sedemikian rupa membuat tubuhnya kuat dan bulunya berkembang menjadi panjang.

Anggora adalah ras kucing yang tidak diketahui dari mana asal terbentuknya. Namun beberapa teori mengatakan bahwa Anggora berasal dari seekor kucing liar dari Asia, yaitu Kucing Pallas.

Teori lainnya mengatakan anggora berasal dari kucing liar Afrika yang dijinakkan oleh suku Tatar.

Kucing Anggora pertama kali diakui pada tahun 1968 oleh organisasi Cat Fanciers' Association (CFA). Anggora juga telah diakui oleh FIFe pada tahun 1993 dan hingga kini telah diakui oleh banyak organisasi pendaftar kucing.


Karakteristik:

  • Anggora adalah kucing dengan ciri khas berbulu panjang yang indah.
  • Anggora memiliki tubuh yang sedang dengan badan berotot yang panjang, ramping, langsing dan elegan.
  • Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga.
  • Kakinya panjang dan tinggi, ekornya panjang serta mengembang.
Warna:
Kucing Anggora yang paling disukai adalah Anggora putih, dengan ciri khas warna matanya yang ganjil. Anggora yang standar memiliki warna solid (polos), seperti warna putih. Semua warna pada Kucing Anggora diakui oleh LOOF (Livre Officiel des Origines FĂ©lines) dan juga FIFe, kecuali warna ungu, kayu manis, titik warna, coklat, sepia, dan cerpelai. Beberapa pendaftaran Kucing juga ada yang mengakui titik warna.

Kepribadian:
Anggora adalah kucing yang aktif, senang bermain, energik, setia, dan penurut. Anggora adalah kucing yang cerdas dengan rasa ingin tahunya yang tinggi.
Kucing ini mudah dilatih, mudah beradaptasi, dan ramah dengan manusia serta hewan peliharaan lain.

Perawatan:
  • Anggora adala Kucing yang menyukai kebersihan, sehingga harus dimandikan secara rutin dan kandangnya harus bersih.
  • Menyisir bulunya yang panjang juga secara rutin.
Dengan menjaga kebersihannya, Anggora dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Kesehatan:
Anggora adalah ras kucing alami, sehingga mereka adalah kucing yang kuat dan tidak memiliki masalah kesehatan tertentu. Namun ada beberapa penyakit yang sering menyerang Anggora, yaitu diantaranya tuli, limfoma, kardiomopati hipertrofik, ataksia, dan dislokasi tempurung lutut. Seperti pada umumnya, harapan hidupnya dapat mencapai 15 tahun atau bahkan lebih.

Comments