Kucing british shorthair

Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair atau Kucing Bulu Pendek Britania adalah salah satu ras kucing tertua yang nenek moyangnya dipercayai memiliki hubungan dengan bangsa Romawi yang menguasai Inggris.

Diperkirakan kucing ini berawal dari invasi pasukan Romawi yang membawa kucing Egyptian, lalu kucing ini kawin dengan kucing liar eropa. Akibat terisolasi secara alami di pulau Inggris, kucing ini berkembang menjadi besar, kucing yang kuat dengan bulu pendek namun tebal. Bulu tebal yang dimiliki British shorthair membantu mereka bertahan di pulau-pulau Inggris yang sangat dingin.

Pada akhir abad ke-19, sekelompok peternak (breeder) berusaha membuat standarisasi jenis kucing ini, dan pada akhir tahun 1970an ras kucing ini diakui oleh Cat Fanciers' Association (CFA), The International Cat Association (TICA), dan Fédération Internationale Féline (FIFe).

Karakteristik:
Kucing British shorthair atau kucing bulu pendek Britania memiliki badan yang kokoh, proporsional, berukuran medium hingga besar. Memiliki bentuk kepala yang bulat, pipi yang lebar, dan memiliki mata yang besar dan lebar (mata belo).

Kucing British shorthair memiliki bulu yang pendek dan tebal dengan berbagai variasi warna. Variasi warna kucing ini meliputi hitam, biru, putih, merah, krem, silver, golden, dan cinnamon. Pola warna kucing British shorthair seperti solid, colorpoint, tabby (Baca juga: Kucing Tabi), shaded, dan bicolour.

Karakter sifat:
Kucing British shorthair bersifat tenang dan bersahabat.
Selain itu kucing British shorthair banyak menjadi ikon.


Teman Meong, kucing British shorthair termasuk salah satu ras kucing yang paling diminati di Indonesia loh!!

Di Indonesia sendiri kucing ini sudah mulai populer sejak tahun 2007, sampai sekarang masih menjadi primadona.

Comments