Kucing siam

Kucing Siam

Pernah tidak Teman Meong terpikir untuk memelihara Kucing yang unik atau anti mainstream!! Kalo begitu saya ada masukkan nih tentang salah satu ras kucing unik yang berasal dari Asia, yaitu Kucing Siam.
Kucing Siam (Siamese Cat) adalah salah satu ras kucing pertama yang diakui jelas sebagai kucing berjenis oriental. Sesuai dengan namanya, kucing siam berasal dari negara siam (sekarang Thailand), sehingga ras kucing ini sangat mudah ditemukan di negara Thailand.


  •          Asal           : Thailand
  • Julukan umum: Meezer

Sejarah:
Kucing Siam merupakan salah satu hewan terpopuler didunia. Ras kucing ini merupakan kucing keturunan jalur murni.
Awal kemunculan kucing siam di eropa adalah pada saat ras kucing ini dijadikan hadih untuk duta besar Britania Raya di Thailand, dan semakin populer hingga ke Eropa pada sekitar abad ke-18

Jenis:
Kucing Siam dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Kucing Siam Traditional

Siam Traditional atau disebut juga Siam Kepala Apel adalah nama yang telah diusulkan oleh The Traditional Cat Association, Inc, karena bentuk kepalanya seperti buah apel. Siam Traditional memiliki ciri fisik bertubuh bulat, tulang yang berat, dan kepala yang bulat. Siam traditional merupakan jenis Kucing Siam berukuran paling besar diantara jenis lainnya.

  • Kucing Siam Klasik

Siam Klasik atau disebut juga Siam Kuno adalah jenis kucing siam yang memiliki penampilan yang hampir sama  dengan jenis Siam Traditional, tetapi memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Siam klasik memiliki kaki dan ekor yang lebih panjang, serta penampilannya lebih lebih memanjang dibandingkan dengan siam traditional. Siam klasik memiliki bentuk wajah yang lebih hampir sama dengan bentuk segitiga disertai cekungan kecil dihidungnya. Jenis kucing ini terkenal memiliki sedikit masalah kesehatan.


  • Kucing Siam Modern

Kucing Siam Modern atau Siam Kepala Baji adalah satu-satunya jenis kucing siam yang telah direkayasa secara genetik.
Siam modern merupakan hasil persilangan antara siam traditional dengan siam klasik. Siam modern memiliki ciri khas yang mudah untuk dikenali melalui kepalanya yang berbentuk seperti baji. Siam modern memiliki telinga yang besar dan runcing, hidung yang panjang, dan memiliki tubuh yang ramping. Harapan hidup siam modern hanya dapat mencapai antara 2 hingga 5 tahun.

Karakteristik:
Kucing Siam memiliki tubuh ramping, kaki dan ekor yang panjang, dan mata yang berwarna biru. Kucing siam memiliki bulu yang pendek dan dapat dikenali dari bulunya sebagai penanda dikakinya, ekornya, ataupun wajahnya yang berwarna ungu, biru, lynx, merah, atau coklat tua. Pola warna pada bulu kucing siam di antaranya adalah, titik merah, titik coklat gelap, titik coklat tua, titik biru, titik abu-abu, dan titik ungu. Warna bulu kucing siam akan bertambah gelap seiring dengan pertumbuhan umurnya. Berat badan kucing siam Jantan biasanya sekitar 4-7 kg, sedangkan Betina sekitar 5 kg. Kucing siam jantan dapat tumbuh hingga setinggi 60 cm, sedangkan betina hanya dapat setinggi 53 cm.

Kepribadian:
Kucing Siam adalah kucing yang ramah dan ada yang memiliki suara lembut dan ada yang bersuara keras. Yang paling terkenal dari kucing siam adalah karakternya yang cerdas, rasa ingin tau yang tinggi, dan kelincahannya. Kucing siam senang bermain dan selalu aktif. Kucing ini mudah beradaptasi, sehingga dapat tinggal bersama hewan lain.

Siam adalah kucing yang dapat bersifat keras kepala dan menuntut dengan cara mengeluarkan meongan yang keras. Siam adalah kucing yang tidak suka ditinggali sendirian di dalam rumah, sehingga siam sangat senang jika selalu ditemani dan selalh diperhatikan, dan kucing siam tidak cocok dipelihara oleh pemilik yang selalu keluar rumah.

Kesehatan:
Masalah Kesehatan pada Kucing Siam yang sering terjadi diantaranya adalah masalah Ginjal, Jantung, Hernia, ekor tertekuk, dan mata menjadi juling. Siam memiliki harapan hidup mencapai  sekitar 13 tahun, atau bahkan berumur 17-20 tahun (cukup lama juga ya Teman Meong) jika diberi makanan yang sehat dan dirawat dengan baik.

Kucing:
Kucing siam, ras kucing siam, ras kucing, jenis-jenis siam, jenis kucing siam, siam

Comments